Diskriminasi pembelaan

by - September 24, 2017

Dulu ada kawan sekelas SMP saya mengalami cacat fisik, pada mukanya. Yaitu bekas luka besar akibat terkait besi waktu kecil. Jadi bentuk wajah kawan saya itu agak aneh, dan bila berbicara kesulitan dan mungkin terdengar gagu.
..
Tapi tidak ada yang membully sama sekali. Mulai para guru,  pas ujian menyanyi kawan saya diberi nilai 8 walo tidak nyanyi krn maklum. Kemudian tak ada guru menyuruh ke depan membaca sesuatu. Semua guru ,maklum akan keadaan dia.
.
Kawan sekelas atau sekolah juga demikian, bahkan bila ada yg tak sengaja menjadikan cacat fisik kawan sy sebagai bahan lelucon, pasti rame2 dibela.
.
Akan tetapi kasus saya agak beda, dimana saya mulai punya gejala gangguan jiwa pas SMP. Sayangnya..
Perilaku aneh saya sering jadi bahan bully teman sekelas. Jika ada yang ngak beres dikelas selalu dihubungkan dengan saya.
Sudah nilai paling bawah dikelas,tak punya teman main, dianggap aneh(karena suka ngomong sendiri).  kena bully pula.
.....
Dan memang stigma dan perlakuan orang pada penderita penyakit fisik dan kejiwaan, walo tak semua. Kadang seperti itu.
...
Sepertinya lebih manusiawi kasihan pada orang sakit fisik misal tumor ganas daripada orang sakit kejiwaan.
Di medsos pun juga..
Postingan orang sakit fisik, biasanya sukses mendapat banyak like,share atau uluran bantuan dimana mana.
Sedangkan mungkin berita orang yg bermasalah kejiwaan , sering sukses mendapat bully krn kurangnya edukasi.
...
Apakah saya dendam dengan mereka atas perlakuan tak adil itu?
Dulu sebetulnya saya kecewa.. Tapi akhirnya saya menyadari ,walo banyak yg kasih stigma atau diskriminasi pada saya. selalu ada orang baik hati yang peduli ,menolong saya dan tak memberi stigma.
Seperti dulu ada 1 kawan sekelas yg bersikeras membela saya saat dibully kawan satu kelas. Itu masih memberi bantuan saya di pelajaran..
Atau 1 kawan kerja yang mengantar saya ke psikiater disaat rekan lain dan atasan acuh atas kondisi kejiwaan saya.
..
Jadi orang baik,yang peduli akan orang dgn masalah kejiwaan selalu muncul. Satu per satu selama hati nurani dan kebaikan masih ada.

Saya percaya itu.. Contohnya ialah kamu.
Iya kamu yang baca tulisan saya.

You May Also Like

0 comments