Macam delusi atau waham skizofrenia

by - Oktober 14, 2017

[REPOST, biar gak bingung waham itu apa, tulisan di bawah ini saya posting ulang juga]

MENGENAL ISTILAH DASARIAH GANGGUAN KEJIWAAN

“Waham” atau “delusi” disertai jenis-jenisnya.

Kata “waham” berasal dari Bahasa Arab “wahmun” yang artinya keyakinan yang bertentangan dengan akal. Dalam ranah kesehatan jiwa, kata “waham” berarti keyakinan palsu, atau definisi yang lebih lengkapnya, keyakinan yang salah yang dengan kukuh dipertahankan walaupun telah diberikan bukti-bukti nyata.

Waham banyak dialami oleh orang dengan psikotik, seperti orang dengan gangguan berwaham (delusional disorder) atau orang dengan skizofrenia. Orang dengan bipolar dapat pula memiliki waham, seperti waham kebesaran (lihat di bawah) di kala mengalami mania (mood yang tinggi).

Banyak Orang dengan skizofrenia yang bilang bahwa waham lebih sukar untuk dihilangkan daripada halusinasi, namun bukan tidak mungkin gejala ini mereda atau bahkan menghilang seiring dengan berjalannya pengobatan. Ada pula yang mengatakan bahwa waham tidak dapat diceritakan agar orang lain dapat ikut merasakan, artinya waham hanya dapat diyakini oleh orang yang mengalaminya tanpa bisa di-share. Namun buku seperti “Ratu Adil: Memoar Seorang Skizofrenik” yang ditulis oleh Satira Isvandiary adalah bukti bahwa waham yang sangat aneh pun (merasa jadi Ratu Adil) dapat dibagi bersama orang lain.

MACAM-MACAM WAHAM:

WAHAM KEJAR, keyakinan bahwa seseorang diintimidasi, dilecehkan, diteror, dicemooh, dsb oleh seseorang, organisasi, atau suatu kelompok orang.

WAHAM REFERENSI, keyakinan bahwa gerakan, komentar, pertanda lingkungan, dan yang lainnya ditujukan bagi diri orang yang mengalaminya.

WAHAM KEBESARAN, keyakinan bahwa orang yang mengalaminya punya kemampuan, kekayaan, atau popularitas yang tidak biasa.

WAHAM KENDALI, keyakinan bahwa pihak luar mengendalikan pikiran, perasaan, dorongan (impuls) dan perilaku seseorang.

WAHAM SIAR, keyakinan bahwa suatu pikiran disiarkan kepada orang lain, biasanya melalui perangkat di luar tubuh, misalnya oleh radio atau telepon.

WAHAM CINTA (EROTOMANIA), keyakinan dari orang yang mengalaminya bahwa ia dicintai oleh orang yang terkenal.

WAHAM NIHILISTIK, keyakinan bahwa sesuatu hal (atau segala hal, termasuk diri sendiri) tidak ada atau tidak berarti.

WAHAM SOMATIK, keyakinan akan terganggunya kesehatan dan fungsi organ(-organ) tubuh.

WAHAM TARIK/SISIP (Thought Withdrawal/Insertion), keyakinan bahwa ada penarikan/penyisipan pikiran pada diri seseorang (oleh orang lain dsb).

You May Also Like

0 comments